Rekam Biometrik Lansia Tertua, Tim GISA 3T Dukcapil Bagikan 961 Dokumen Kependudukan di Kabupaten Muratara

Rawas Ulu - Mungkin tak berlebihan bila dikatakan: Dukcapil melayani dengan hati. Bahkan segenap hati dan jiwa. Itulah yang dirasakan oleh Tim GISA Adminduk 3T saat mendatangi rumah keluarga Safawi (54), di Dusun II, Desa Pulau Lebar, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, Kamis (7/9/2023).

Safawi adalah anak bungsu dengan enam bersaudara dari Cik Yah (102), seorang lansia kelahiran 1 Juli 1921. Cik Yah memang sudah sangat sepuh, sehingga hanya mampu berbaring dan duduk di atas tilam tipis di rumahnya yang berlantai semen. Sehari-hari Cik Yah dirawat oleh anak Safawi, yakni Miranda (22), untuk menyuapinya makan dan minum serta keperluan bersih-bersih.

Cik Yah tercatat hanya memiliki Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Kades Pulau Lebar, Argani. Nenek Yah sama sekali belum terdata di database kependudukan,, lantaran belum pernah memiliki KTP selama hidupnya.

Kedatangan Tim GISA Adminduk 3T yang dibersamai oleh Kadis Dukcapil Sumsel Puadi dan Kadis Dukcapil Muratara Aan Andrian adalah untuk melakukan perekaman biometrik, dan membuatkan Cik Yah KTP-el. Petugas teknis Tim GISA 3T Ditjen Dukcapil, Agus Abdillah tak lupa memboyong seperangkat mobil enrollment dan M2M hingga ke kamar Cik Yah agar bisa merekam data ibu 7 anak ini tanpa harus beranjak dari "singgasana"-nya.

Karena keterbatasan pula, Agus hanya melakukan foto wajah dan mengecualikan perekaman sidik jari dan irish mata, serta tanda tangan Cik Yah hanya dalam bentuk garis. Dan, KTP-el Cik Yah pun PRR (print ready record) atau siap cetak. Yang menarik, menurut Safawi, usia Cik Yah sebenarnya diperkirakan telah mencapai lebih 140 tahun. Hal ini mengingat, adik ipar lansia yang terus melantunkan zikir "Allahu" ini, meninggal dunia di tahun 90-an pada usia 105 tahun.

"Kalau benar demikian, Alhamdulillah, beliau termasuk orang orang tertua di dunia yang masih hidup," sebut Kadis Puadi. Berdasarkan data Guinness World Records, tercatat wanita asal Prancis bernama Jeanne Louise Calment sebagai manusia tertua di dunia yang pernah hidup. Jeanne Louise Calment lahir pada 21 Februari 1875, dan meninggal dunia pada usia 122 tahun pada 4 Agustus 1997.

Kadis Dukcapil Muratara ikut senang lantaran warganya yang tergolong senior citizen ini akhirnya mendapatkan identitas kependudukan KTP-el dan NIK. "Insya Allah mudah-mudahan beliau diberi kesehatan dan umur panjang sehingga nanti di hari pencoblosan 14 Februari 2024 petugas TPS bisa mendatang rumahnya untuk bisa memilih dalam Pemilu," kata Kadis Aan. Hingga Kamis sore ini, Ketua Tim GISA 3T di Muratara, Sakaria mencatat pelayanan jemput bola di tiga desa di Kecamatan Rawas Ulu, yakni berhasil melayani sebanyak 961 dokumen kependudukan.

Selengkapnya sebagai berikut: Hari Pertama, Selasa, 5 September 2023 di Desa Sungai Jauh, total 235 dokumen kependudukan, terdiri: 1) Perekaman KTP-el 64; 2) Pencetakan KTP-el 71; 3) KIA 13; 4) cetak KK 61; 5) cetak akta kelahiran 18; 6. Cetak akta kematian 1; dan 6) SKP datang 7. Hari Kedua, Rabu, 6 September 2023 di Desa Lesung Batu Muda, total 403 dokumen kependudukan. Terdiri: 1) Perekaman KTP-el 30; 2) Pencetakan KTP-el 225; 3) cetak KIA 14; 4) cetak KK 87; 5) cetak akta kelahiran 37; 6) Cetak akta kematian 3; dan 6) SKP WNI datang 7. Hari Ketiga, Kamis 7 September 2023 di Desa Pulau Lebar, total 323 dokumen kependudukan. Jumlah ini terdiri: 1) Perekaman KTP-el 19; 2) Pencetakan KTP-el 105; 3) cetak KIA 28; 4) cetak KK 102; 5) cetak akta kelahiran 50; 6) Cetak akta kematian 4; dan 6) SKP WNI datang 15.

Dari Jakarta, Direktur Dafdukcapil AS Tavipiyono mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Pemprov Sumatera Selatan serta Pemkab Musi Rawas Utara yang membantu tugas-tugas Tim GISA Dukcapil. "Tim GISA Dukcapil masih terus mendatangi dan menyapa titik-titik wilayah 3T untuk melayani adminduk di sana," kata Direktur Tavip.

Scroll to Up