Peringati HUT BNPP ke-13, Ditjen Dukcapil Gelar Jemput Bola di PLBN Aruk di Sambas-Kalbar

Aruk - Ditjen Dukcapil Kemendagri memenuhi undangan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) untuk memberikan layanan jemput bola administrasi kependudukan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (14/9/2023). Acara ini sekaligus memperingati HUT Ke-13 BNPP Tahun 2023 yang jatuh pada 17 September 2023.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Unit BNPP Ibu Ninuk Triyanti Zudan yang turut hadir diterima dengan hangat oleh Bupati Sambas Satono beserta Ibu Yunisa Satono selaku Ketua DWP Kabupaten Sambas.

Kepada Bupati Satono dan Ibu Yunisa, Ketua DWP BNPP Ibu Ninuk Triyanti Zudan menjelaskan agenda selama di Kabupaten Sambas. Yakni menggelar Jalan Sehat dan Senam Bersama di Pasar Wisata dan Tugu Merdeka PLBN Aruk. "Kami juga mengadakan Medical Check Up dan Donor Darah; layanan Adminduk Dukcapil; kegiatan Lomba Mewarnai bagi anak-anak PAUD & TK, kegiatan Lomba Menggambar bagi anak-anak SMP, serta pembagian hadiah serta doorprize. Kegiatan semuanya dipusatkan di PLBN Aruk," jelas Ninuk.

Bupati Satono menyambut baik kegiatan BNPP di wilayahnya dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan Ketua DWP BNPP beserta rombongan Ditjen Dukcapil yang juga membawa peralatan lengkap untuk melayani perekaman biometrik KTP-el, serta layanan dokumen kependudukan lainnya bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Saya sangat berterima kasih karena pelayanan adminduk akan mempercepat Aruk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di perbatasan negara. Selain layanan pelintas batas di zona inti, telah dibangun pula berbagai fasilitas seperti pasar wisata, wisma Indonesia, layanan perbankan, rumah ibadah, serta berbagai fasilitas layanan publik lainnya hingga ruang terbuka hijau," jelas Bupati Satono.

Dalam kesempatan itu, Ketua Tim GISA Jebol Adminduk Ditjen Dukcapil Adi Ariansyah memberikan sejumlah leaflet GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk) dan diterima oleh Ketua DWP Kabupaten Sambas Ibu Yunisa Satono. Selain itu diserahkan pula blangko KTP-el sejumlah 6.000 keping untuk membantu pelayanan di PLBN Aruk. Usai ramah tamah, rombongan DWP BNPP dan Ditjen Dukcapil segera menuju PLNB Aruk yang berjarak 90 kilometer dari Kabupaten Sambas.

Di lokasi pelayanan jemput bola di Wisma PLBN Aruk telah siap tim teknis Ditjen Dukcapil dengan dukungan Dinas Dukcapil Kabupaten Sambas. Hingga Kamis sore, Tim GISA Jebol Adminduk Ditjen Dukcapil berhasil memberikan pelayanan dokumen kependudukan sebanyak 649 jenis. Jumlah ini terdiri Cetak KK sebanyak 129 lembar; rekam KTP-el 82 pemohon; cetak KTP-el 176 keping; cetak kartu identitas anak (KIA) 91 keping; aktivasi identitas kependudukan digital (IKD) 113 pemohon; cetak akta kelahiran 40 lembar; akta kematian 5 lembar; dan akta perkawinan 13 lembar.

Dalam kunjungannya ke loket pelayanan Dukcapil, Jumat (15/9/2023), Ketua DWP BNPP Ninuk Triyanti Zudan berkenan memberikan dokumen kependudukan secara simbolis kepada warga yang membutuhkan.

Sabidin (38) warga Dusun Keranji, Desa Kaliau, Kecamatan Sajingan Besar yang menerima dokumen kependudukan secara gratis mengaku sangat berbahagia. "Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Dukcapil dan BNPP yang selama 2 hari memberikan layanan gratis, sehingga kami mendapatkan layanan 3 in 1 sekaligus, yakni akta kematian, KK baru, serta KTP-el baru dengan ubah status," kata Sabidin.

Scroll to Up