4 Pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Dirotasi

Jakarta - Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo secara resmi melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sebanyak 21 pejabat baru setingkat Eselon II dilantik di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Dari jumlah itu, 4 pejabat tinggi berasal dari Ditjen Dukcapil Kemendagri. Wamendagri mengatakan, pelantikan tersebut merupakan upaya untuk menyegarkan birokrasi sehingga bisa mempercepat tercapainya tujuan organisasi. Pelantikan didasarkan pada Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 800.1.3.3-3126 Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri tanggal 2 Agustus 2023.

“Berdasarkan keputusan tersebut, Saudara/Saudari telah dipercaya untuk memegang beberapa jabatan strategis di lingkungan Kementerian Dalam Negeri,” katanya. Dia menegaskan, pejabat yang dilantik tersebut merupakan hasil dari sistem seleksi yang berlangsung secara ketat dan transparan. Dengan begitu, upaya pengisian jabatan ini mampu menghasilkan putra dan putri terbaik yang layak memegang posisi kepemimpinan pada unit kerja masing-masing.

Adapun para pejabat Ditjen Dukcapil yang dilantik hari ini sebagai berikut:

1. Erikson P Manihuruk, S.Kom, M.Si: Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Setjen Kemendagri);

2. Drs. Akhmad Sudirman Tavipiyono, MM., MA: Direktur Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil (Dafdukcapil) pada Ditjen Dukcapil Kemendagri;

3. Dr. Handayani Ningrum, S.E., M.Si: Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) pada Ditjen Dukcapil Kemendagri;

4. Dr. Ir. David Yama, M.Sc, MA: Sekretaris Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP);

Sebagai informasi, Direktur Integrasi Data Kependudukan Nasional (IDKN) kini dijabat oleh Muhammad Farid, S.STP, M.Si menggantikan posisi yang ditinggalkan AS Tavipiyono. Farid sebelumnya adalah Asisten Deputi Penataan Ruang Kawasan Perbatasan (PRKP) Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Farid juga karirnya berasal dari Ditjen Dukcapil, yakni pada Direktorat Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan (FPD2K), sebelum dipecah menjadi Direktorat IDKN dan Direktorat IDKD.

Sementara posisi Direktur Dafdukcapil ditempati oleh Akhmad Sudirman Tavipiyono yang sebelumnya menjabat Direktur IDKN. Berikutnya, Kapusdatin Erikson P Manihuruk, sebelumnya menjabat Direktur PIAK pada Ditjen Dukcapil Kemendagri. Posisinya digantikan oleh Handayani Ningrum yang sebelumnya Direktur Dafdukcapil.

David Yama yang sekarang menjabat Sekretaris Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), sebelumnya sebagai Direktur Integrasi Data Kependudukan Daerah (IDKD). Posisi tersebut hingga kini masih kosong sepeninggal David Yama.

Scroll to Up