Ditjen Dukcapil dan KJRI Jeddah Terbitkan KTP Digital bagi WNI di Arab Saudi

Jeddah - Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri bersama Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah, Arab Saudi menyelenggarakan Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait pemutakhiran data WNI dan diseminasi informasi layanan penerbitan KTP Digital di KJRI Jeddah, Kamis (14/07/2022). Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh bersama Konjen RI Jeddah Eko Hartono memberikan sosialisasi dan pelayanan penerbitan KTP Digital kepada sejumlah 70 WNI di Jeddah, termasuk siswa-siswi Sekolah Indonesia Jeddah.

Dirjen Zudan menjelaskan, tujuan besar Ditjen Dukcapil Kemendagri adalah memberikan perlindungan yang lebih besar dan optimal kepada seluruh WNI di mana pun berada. Dengan adanya pembuatan KTP Digital tersebut data-data kependudukan WNI di KTP akan terhubung secara digital dengan data-data dari Kartu Keluarga (KK), NPWP, Sertifikat Vaksinasi Covid-19 di aplikasi Peduli lindungi serta dokumen kependudukan lainnya. Di tempat yang sama, Konjen RI Jeddah Eko Hartono sangat mengapresiasi kehadiran Dirjen Zudan dan Tim Dukcapil yang datang melakukan asistensi dalam melaksanakan program KTP Digital bagi WNI di Arab Saudi.

"Saya mendukung penuh program digitalisasi KTP ini. Saya bersama Pak Dirjen Dukcapil hari ini telah melaksanakan program ini terutama kepada adik-adik dari Sekolah Indonesia Jeddah. Ke depan kita akan melaksanakan program serupa kepada para WNI dan Pekerja Migram Indonesia kita, khususnya di wilayah kerja KJRI Jeddah agar dapat memiliki KTP Digital ini," kata Konjen Eko Hartono. Ashraf, siswa SIJ yang merupakan salah satu peserta program Digitalisasi KTP ini mengatakan sangat berterima kasih kepada Pak Konjen RI Jeddah dan juga Pak Dirjen Dukcapil yang telah menyelenggarakan program ini sehingga dirinya telah mendapat KTP Digital.

Scroll to Up