Pontianak - Administrator Database kependudukan selain mengemban tugas pengelolaan data kependudukan, juga memiliki peran yang besar dalam mensupport kelancaran pelayanan publik yang dilakukan jajaran penyelenggara urusan administrasi kependudukan khususnya dalam tanggung jawab menjaga kelancaran jaringan komunikasi data kependudukan, aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan Data Warehouse.

Berkenaan dengan hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalbar berupaya melakukan terobosan untuk melakukan regenerasi ADB Kabupaten/Kota secara keseluruhan dengan menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Administrator Database (ADB) Pemula Tahun 2019 di Hotel Gajahmada Jalan Gajahmada No. 177-183 Pontianak pada tanggal 13  s/d 16 Agustus 2019.

Bimbingan Teknis Administrator Database (ADB) Pemula ini dibuka oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Y. Anthonius R, SE. M.Si. Kegiatan ini lebih terfokus langsung pada praktek penginstalan aplikasi untuk mengelola database dan software pendukung serta pengenalan dan praktek SQL Statement Database SIAK. Adapun Narasumber kegiatan ini adalah Ir. Mhd. Saleh (Kasubdit Tata Kelola dan SDM TIK) dan Indersan, SE, M.Si (Kepala Seksi SDM TIK) dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Kegiatan yang diikuti oleh ±30 orang peserta baik itu dari Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota maupun dari Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengelola SIAK, regenerasi dan penyiapan tenaga Administrator Database Kependudukan yang memenuhi kriteria dan persyaratan untuk diangkat ke dalam jabatan fungsional ADB Kependudukan.