Sosialisasi Penyelenggaraan Pencatatan Kelahiran Secara Online se Kalimantan Barat


181

Dalam rangka mengenalkan pencatatan kelahiran secara online, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pencatatan Kelahiran Secara Online se Kalimantan Barat yang di adakan di Avara Boutique Hotel  pada tanggal 04-05 April 2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat dan pihak-pihak terkait yang terlibat dalam pencatatan kelahiran yang berjumlah kurang lebih 60 orang peserta.

Kegiatan Sosialisasi di buka oleh Bapak Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat yang mewakili bapak Gubernur Kalimantan Barat. Di kegiatan ini membahas mengenai pencatatan kelahiran yang tadinya dicatat secara manual menjadi pencatatan secara online yang menjadi bagian dari program Dukcapil Go Digital. 

Pencatatan kelahiran secara Online merupakan terobosan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diamanatkan dalam ketentuan Pasal 32 ayat (2) Permendagri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran. Pencatatan kelahiran secara Online merupakan terobosan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diamanatkan dalam ketentuan Pasal 32 ayat (2) Permendagri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran. 

Selain sebagai solusi dalam percepatan kepemilikan akta kelahiran, Pencatatan kelahiran secara Online juga dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi penduduk dalam mencatatkan kelahiran. Bedanya dengan pelayanan pencatatan secara manual adalah pencatatan kelahiran secara Online lebih mengedepankan penggunaan teknologi jaringan (internet). 

Dengan dikenalkannya pencatatan kelahiran secara Online, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi mengurus akta kelahiran ke Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota dimana penduduk berdomisili. Untuk mendapatkannya masyarakat tinggal mengakses ke alamat layanan Online yang sudah ditentukan oleh Kementerian Dalam Negeri.