Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dengan Tema “Optimalisasi Pemanfaatan NIK dan Percepatan Penerbitan Dokumen Kependudukan Bagi Korban Bencana Alam, Pemberian Bencana Sosial dan Pencapaian Target Vaksinasi Covid-19”

Pontianak -Terkait dengan dukungan percepatan pencapaian target vaksinasi covid-19 maka jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Kesehatan dapat saling berkoordinasi untuk membantu masyarakat yang terkendala mendapatkan vaksinasi karena belum memiliki Nomor Induk Kependudukan ataupun memiliki NIK namun belum terkonsolidasi. Untuk solusi bagi penduduk yang NIKnya belum ter update maka Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota dapat mengajukan permohonan konsolidasi ke Pusat dan bagi penduduk yang belum memiliki NIK kita arahkan untuk segera mendaftarkan diri dengan mengisi formulir dan mendapatkan surat pengantar RT/RW untuk selanjutnya segera kita bantu pendaftaran dirinya ke dalam database kependudukan. Saya mintakan Percepatan capaian target vaksinasi Covid-19, pemberian Bansos serta penerbitan dokumen kependudukan penduduk terdampak banjir dilaksanakan dengan saling berkolaborasi, berkoordinasi, dan bersinergi antara jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

Sesuai dengan arahan Dirjen Dukcapil Kemendagri pada Rakornas Dukcapil Bulan Maret Tahun 2021 yang lalu, bahwa pada Tahun 2021 ini terdapat 9 indikator penentuan level kinerja jajaran Dukcapil yang diantaranya target perekaman KTP-el 99,2%, pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) 30%, serta kepemilikan Akta Kelahiran pada usia 0-18 tahun mencapai 95%. Namun sampai dengan kondisi 30 November 2021 berdasarkan data pelaporan layanan harian kabupaten/kota se Kalimantan Barat capaian perekaman KTP el  baru mencapai 95,34%, penerbitan KIA 31,95% dan kepemilikan Akta Kelahiran pada usia 0-18 tahun mencapai 91,67%, yang artinya kita masih harus bekerja maksimal agar capaian leveling penilaian kinerja Semester 2 jajaran Disdukcapil Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalimantan Barat  per 31 Desember Tahun 2021 dapat meningkat dan mencapai target yang ditetapkan.

Sebagai Organisasi Perangkat Daerah yang bertugas dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan masyarakat di bidang Administrasi Kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota saya harapkan mampu meningkatkan fungsi pelayanan dengan terus melakukan berbagai perubahan dan inovasi serta membuat perencanaan strategi dengan mengoptimalkan pemanfaatan seluruh sumber daya yang ada diantaranya penerapan teknologi dalam pelayanan dan peningkatan kinerja aparatur, ujar Ibu Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si (Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat) pada saat membuka kegiatan Rakor 09 Desember 2021 di Hotel Orchardz Gajah Mada.

Scroll to Up