TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara meluncurkan Gerakan Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Hotel Mahkota Kayong, Sukadana, Kamis (22/11/2018).

Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad memaparkan 4 program pokok dalam GISA yang akan dilaksanakan Pemerintah Daerah.

Empat program itu antara lain, sadar kepemilikan dokumen penduduk, sadar pemutakhiran data penduduk, sadar pemanfaatan data kependudukan sebagai satu-satunya data yang digunakan untuk semua kepentingan, dan sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat bahagia.

"Keempat program tersebut jelasnya menjadi tanggungjawab Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk melaksanakannya," katanya.

Ia mengungkapkan, target GISA menyasar aparatur pelayanan Disdukcapil dan lembaga pengguna, baik pemerintah maupun swasta.

GISA, katanya, akan diterapkan mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional.

"Program sadar pemanfaatan data kependudukan akan difokuskan kepada pemanfaatan data kependudukan oleh seluruh OPD dan pemberian kemudahan bagi lembaga pengguna data non vertikal," jelasnya.