Pejabat PIAK dan ADB se Kalbar Ikuti BIMTEK KAPASITAS PENGELOLA SIAK via Video Konfrensi


15

Pontianak - Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Kasi dan Administrator Data Base (ADB) se Kalimantan Barat mengikuti Pelaksanaan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang dilaksanakan secara Video Konferensi Tahun 2020 Anggatan XI yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dari tanggal 19 s.d 23 Oktober 2020.

Peserta Angkatan XI ini berasal dari Provinsi Kalimantan Barat (14 Kab/Kota), Provinsi Sulawesi Tenggara (17 Kab/Kota), Provinsi Papua (II) (10 Kab/Kota) dan Provinsi DKI Jakarta (6 Kab/Kota) jadi jumlah peserta 50 Provinsi Kab/Kota.

Bimbingan teknis dibuka secara resmi oleh Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Prof Dr Zudan Arif Fakhrullah pada pukul 08.00 WIB. Dalam arahannya, Dirjen menyampaikan bahwa pengelolaan informasi administrasi kependudukan merupakan nyawa dari dinas dukcapil dan untuk itu diperlukan pembekalan dan peningkatan kapasitas secara berkala terkait pengelolaan administrasi kependudukan secara elektronik.

“Hal ini juga terkait dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat sehingga para pejabat bidang PIAK  serta ADB harus dapat menguasai kemajuan teknologi tersebut,” ujar Zudan.

Adapun materi dari Bimbingan Teknis ini adalah Kebijakan Pengelolaan Administrasi Kependudukan SIAK (Instalasi, konfigurasi dan simulasi serta praktik Operasional SIAK versi 7.3.4.1), KTP el (Instalasi dan Update Aplikasi Benroll 5.0.11.11 dan Aplikasi Bcard 6.0.09.12).  Dengan adanya BIMTEK ini diharapkan dapat meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan tepat,