Gubernur Kalbar Lantik Yohanes Budiman Sebagai Penjabat Bupati Bengkayang


73

PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), H. Sutarmidji Melantik Penjabat (Pj) Bupati di Kalbar yaitu Yohanes Budiman di Lantik menjadi Pj Bupati Bengkayang, Pelantikan dilaksanakan di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar. Rabu (30/9/2020)

Sebelum di lantik oleh Gubernur Kalbar, Yohanes Budiman merupakan ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat.

Adapun tugas dan wewenang yang harus dijalankan oleh Pj Bupati Bengkayang di atur dalam SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yakni melaksanakan urusan Pemerintahan, memelihara ketentraman dan Ketertiban Masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada dan menjaga netralitas ASN, melakukan pembahasan RAPERDA dan dapat menandatangani Perda yang telah mendapatkan persetujuan tertulis dari Mendagri, melakukan pengisian pejabat dan mutasi pegawai berdasarkan ketentuan peraturan Perundang-undangan yang telah mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri dan melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19.

Dalam sambutannya Gubernur Kalbar berharap kepada Pj Bupati Bengkayang yang dilantik untuk membenahi tata kelola Pemerintahan di Kabupaten Bengkayang.

"Saya berharap kepada Yohanes Budiman karena lama bertugas di Biro Pemerintahan, Benahi semuanya sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkapnya

Dikatakannya, tata kelola Pemerintahan harus dengan aturan, bukan dengan hal-hal lain.

"Saya yakin beliau bisa karena beliau tiga tahun lebih di Biro Pemerintahan dan sekarang di Capil dan saya kemarin ajukan dengan pertimbangan untuk menjaga seminim mungkin orang yang ada interaksi dengan para calon kemudian orang yang paham tata kelola Pemerintahan dan intinya saya berharap bisa netral, senetral netralnya," Tegasnya

Kemudian sebagai ketua gugus tugas Covid-19 Gubernur Kalbar meminta kepada Pj Bupati Bengkayang untuk segera melakukan tes swab kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkayang.

"Saya minta kepada Penjabat Bupati Bengkayang, ini tugas khusus segera lakukan swab kepada seluruh jajaran Pemda Bengkayang karena tiga minggu ini data kita tidak ada swab disana, kepedulian terhadap staf itu penting" ujarnya.