Fasilitasi Penerapan Dukcapil Go-Digital dan Inovasi Tahun 2020


151

Pontianak - Sebagai tindak lanjut dari Bimbingan Teknis Pengelola SIAK bagi pejabat PIAK serta Administrator Database (ADB) Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui Video Konferensi Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat mengadakan pertemuan Fasilitasi Penerapan Dukcapil Go-Digital dan Inovasi Tahun 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan yang aman dan memudahkan masyarakat melalui dukcapil online.

Dukcapil online merupakan solusi terbaik di masa pandemi Covid-19 ini dimana layanan administrasi kependudukan dapat dilakukan secara online melalui WhatsApp dan Website untuk urusan dokumen kependudukan atau pencatatan sipil serta bisa diterapkan melalui aplikasi mobile atau melalui Anjungan Dukcapil Mandiri. Penduduk juga dapat mencetak sendiri dokumen kependudukannya di rumah melalui file PDF yang diberikan.

Dukcapil Go Digital merupakan transformasi awal dibidang administrasi kependudukan yaitu dengan diterbitkannya kartu keluarga dan akta kelahiran yang semula ditandatangani dan distempel basah oleh Kepala Dinas, sekarang telah ditandatangani secara elektronik (TTE), sehingga dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun. Adapun progres yang dicapai oleh Dukcapil hingga saat ini diantaranya penggunaan kertas putih biasa menggantikan kertas security printing untuk mencetak seluruh dokumen kependudukan kecuali KTP-el & KIA.