Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat Menyapa Masyarakat Secara Online

Pontianak, Pada tanggal 09 November 2021, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan “Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat Menyapa Masyarakat” melalui via zoom meeting yang diikuti 289 peserta. Kegiatan ini merupakan upaya jajaran Dukcapil Provinsi Kalbar dan Kabupaten/Kota untuk terus melakukan perbaikan pelayanan administrasi kependudukan, mendekatkan diri, terbuka dan membangun budaya responsif jajaran aparatur Dukcapil se Kalimantan Barat melalui layanan yang Mudah, Cepat dan Gratis.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat Yohanes Budiman, S.IP., M.Si yang menyampaikan pelayanan administrasi kependudukan memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu pemerintahan dan pembangunan di suatu daerah. Penyelenggaraan administrasi kependudukan diarahkan sebagai wujud pemenuhan hak asasi setiap orang di bidang pelayanan administrasi kependudukan, sebagai upaya peningkatan kesadaran penduduk dan kewajibannya untuk berperan memberikan layanan publik tanpa diskriminasi.

Dalam hal ini selain penduduk aktif untuk mengurus dokumen kependudukan, Dinas Dukcapil selaku instansi pelaksana  juga harus aktif untuk memberikan pelayanan dengan mendekatkan pelayanan melalui pelayanan keliling (jemput bola) pelayanan dokumen kependudukan ke desa-desa, sekolah, Mall, Rumah Sakit dll, sehingga memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan.

Namun sampai saat ini kami sadari pelayanan dokumen kependudukan masih belum sempurna, tantangan melayani 5.4 juta lebih penduduk Provinsi Kalimantan Barat sangat luar biasa, diperlukan upaya dan inovasi secara terus menerus untuk peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang salah satunya dengan penanganan dan pengelolaan pengaduan masyarakat secara baik sehingga masyarakat yang ingin memiliki keluhan terhadap pelayanan adminduk dapat dilayani dan terselesaikan dengan baik melalui pelayanan pengaduan masyarakat.

Yohanes Budiman,S.IP., M.Si berharap Bapak/ibu/saudara/masyarakat sahabat Dukcapil Kalbar dapat menyampaikan pertanyaan / saran / masukan / maupun permasalahan yang dihadapi dalam pengurusan dokumen kependudukan maupun dalam forum chat selama pelaksanaan zoom meeting maupun di youtube atau melalui nomor layanan pengaduan dukcapil provinsi maupun dukcapil kabupaten/kota agar dapat ditindaklanjuti.

Scroll to Up