Dirjen Teguh Setyabudi Serahkan Surat Tugas Tim Kerja, SOTK Baru Efektif Berjalan

Jakarta - Struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) serta nomenklatur di Ditjen Dukcapil Kemendagri telah diubah sesuai Permendagri No. 137 Tahun 2022. Direktorat Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan (FPD2K) dimekarkan menjadi dua bagian, yaitu Direktorat Integrasi Data Kependudukan Nasional (IDKN), dan Direktorat Integrasi Data Kependudukan Daerah (IDKD).

Sedangkan Direktorat Pendaftaran Penduduk dan Direktorat Pencatatan Sipil di-bundling atau disatukan menjadi Direktorat Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil (Dafdukcapil). Sementara Direktorat Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), dan Direktorat Bina Aparatur (Bintur) tidak ada perubahan. Selebihnya, istilah koordinator bagi pejabat pengawas diganti menjadi Ketua Tim dan Wakil Ketua Tim.

Sebagai tindak lanjut kebijakan tersebut, Dirjen Teguh Setyabudi menyerahkan Surat Tugas Tim Kerja Penempatan Personil dan Sarana Prasarana Ditjen Dukcapil di Aula Gedung C Lantai 4, Jumat (19/5/2023). Dalam amanatnya Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi mengucapkan puji syukur di hari Jumat yang penuh berkah telah diserahkan surat tugas kepada tim kerja yang telah ditunjuk.

Dirjen Teguh menyatakan, dalam pengisian personil dirinya tidak bekerja sendiri lantaran sebagai dirjen yang baru dua bulan menjabat, belum mengenal satu persatu pegawai. "Intinya, SOTK baru ini untuk kepentingan organisasi. Mungkin belum memuaskan semua pihak, itu wajar. Namun saya minta Ketua Tim dan Wakil Ketua jalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Saling support, syukuri dan jalani, insya Allah bisa mewujudkan sistem kerja Ditjen Dukcapil yang lebih baik lagi," tutur Dirjen Teguh.

Teguh mengingatkan, tantangan yang dihadapi Ditjen Dukcapil makin variatif serta makin kompleks. "Bukan saja jumlah penduduk yang kian bertambah, bukan sekadar tantangan teknologi yang harus diantisipasi, tetapi juga kebutuhan masyarakat yang terus naik dan tidak akan pernah berhenti. Apalagi menghadapi tahun politik yang sangat dipengaruhi oleh peran kita sebagai integrator data," jelas Dirjen Teguh Setyabudi. Dukcapil

Scroll to Up