Pontianak - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bidang pendaftaran penduduk serta meningkatkan pemahaman dan kesepahaman pelayanan bidang pendaftaran penduduk serta pemahaman bersama bagi Jajaran Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat tentang teknis pelaksanaan tatacara pendokumentasian administrasi pelayanan pendaftaran penduduk pada tanggal 16 s.d 18 Juli 2019 menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pendaftaran Penduduk Tahun 2019 di G Hotel  Jalan Jendral urip Nomor 73 Pontianak.

Bimtek Pendaftaran Penduduk Tahun 2019 ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Y. Anthonius R, SE. M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menyamakan persepsi pandangan serta pendapat antara Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dan Daerah dalam melakukan pelayanan pendaftaran penduduk di Kab./ Kota. Selain itu juga, bahwa saat ini tantangan pelayanan di Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat semakin beragam. Banyaknya kebijakan/regulasi yang berkaitan sangat erat dengan  bidang pendaftaran penduduk yang perlu disikapi dan ditindaklanjuti oleh setiap Instansi Pelaksana Bidang Pendaftaran Penduduk, Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan diperlukan implementasi terutama mengenai sistem dan prosedur pencatatan penduduk dan pencatatan sipil.  Adapun Narasumber dari kegiatan ini berasal dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri dan dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Kegiatan yang diikuti oleh ±34 orang peserta baik itu dari Disdukcapil Kabupaten/Kota maupun pihak Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat ini diharapkan menemukan solusi atas setiap masalah dan menyepakati berbagai persepsi dan perbedaan pandangan dalam penyelenggaraan pelayanan adminstrasi kependudukan di Dinas Dukcapil Kab/Kota se Kalbar.