Bimbingan Teknis Pendaftaran Penduduk Tahun 2018

Pontianak - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bidang pendaftaran penduduk serta pemahaman bersama bagi Jajaran Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat tentang teknis pelaksanaan tatacara pendokumentasian administrasi pelayanan pendaftaran penduduk pada tanggal 5 s.d 7 September 2018, menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pendaftaran Penduduk Tahun 2018 di Hotel Gajah Mada Jalan Gajah Mada No. 177-183 Pontianak.

Bimtek Pendaftaran Penduduk Tahun 2018 ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Y. Anthonius R, SE. M.Si. Kegiatan ini fokus kepada beban tugas yang tidak ringan dan sedang menanti untuk segera di tindaklanjuti seperti bagaimana Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat belum dapat menyelesaikan target perekaman dan pencetakan KTP-Elektronik sebesar 100%, serta menyongsong pesta demokrasi Pemilihan Umum 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat serta Dinas Dukcapil Kab/Kota semakin terus diperhadapkan pada beban tugas dan tanggungjawab yang semakin kompleks, sebagaimana diketahui bahwa pada Pemilihan Umum 2019 akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR, anggota DPD serta anggota DPRD secara serentak. Dinas Dukcapil menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut, tentu berkewajiban dan harus bertanggungjawab untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki hak konstitusinya serta kepastian memiliki KTP-el sebagai syarat untuk dapat menggunakan haknya berdasarkan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Adapun Narasumber dari kegiatan ini berasal dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kegiatan yang diikuti oleh ±34 orang peserta baik itu dari Disdukcapil Kabupaten/Kota maupun pihak Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat ini diharapkan menemukan solusi atas setiap masalah dan menyepakati berbagai persepsi dan perbedaan pandangan dalam penyelenggaraan pelayanan adminstrasi kependudukan di Dinas Dukcapil Kab/Kota se Kalbar. (ad)

Scroll to Up