Bimbingan Teknis Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota Tahun 2019


139

Pontianak - Pencatatan kelahiran online merupakan inovasi strategi pelayanan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membuat akta kelahiran.

Sebagai inovasi strategi pelayanan, pencatatan kelahiran secara online menampilkan :

  • Cara baru dalam berinteraksi dengan masyarakat yakni melalui pendaftaran dan permohonan pencatatan secara online dengan mengupload persyaratan di website, tanpa harus mengantri.
  • Adanya kemudahan dalam prosedur terutama dari segi waktu dan biaya serta waktu dan tempat mengaksesnya bisa kapan saja dan dimana saja.

Harapan yang ingin dicapai dengan adanya kemudahan pelayanan berupa pencatatan kelahiran secara online, salah satunya adalah masyarakat akan semakin sadar dan antusias untuk mengurus dokumen kependudukan. Dengan semakin sadarnya masyarakat memiliki domumen kependudukan, maka target nasional cakupan kepemilikan akta kelahiran di Provinsi Kalimantan Barat hingga akhir tahun 2019 insyaallah akan tercapai.

Berkenaan dengan hal tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalbar berupaya mengadakan Bimbingan Teknis Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota Sebagai upaya menyiapkan sumber daya aparatur yang mumpuni dalam teknis pencatatan kelahiran online.

Kegiatan yang diikuti oleh ±30 orang peserta baik itu dari Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota maupun dari Dinas Dukcapil Provinsi Kalimantan Barat ini diharapkan dapat menciptakan sumber daya aparatur pelaksana yang memahami  teknis pengoperasian aplikasi pencatatan kelahiran secara online.