Audiensi dan Silaturahmi dari Forum Anak Daerah Provinsi Kalimantan Barat

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat menerima peserta Audiensi dan Silaturahmi dari FAD (Forum Anak Daerah) Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka "Upaya Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak" pada Kamis, 7 Juli 2022. Kegiatan tersebut disambut baik oleh Kepala Dinas Dukcapil Prov. Kalbar Yohanes Budiman, S.IP., M.Si yang didampingi oleh Pejabat Eselon III.

Dalam pertemuan tersebut FAD (Forum Anak Daerah) berharap adanya perlindungan dan pemenuhan atas hak anak khususnya di Provinsi Kalimantan Barat khususnya dalam peningkatan kepemilikan KIA. Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk selain menyampaikan prosentase kepemilikan KIA per Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat juga menambahkan agar KIA ini tidak hanya dicetak saja namun juga harus dioptimalkan pemanfaatannya oleh masyarakat, maka dari itu diperlukan bantuan dari pihak lain untuk berkolaborasi mendukung hal ini seperti Forum Anak Daerah ini.

Kemudian Kepala Bidang Fasilitasi Pencatatan Sipil juga menambahkan bahwa KIA diterbitkan berdasarkan Akta kelahiran, oleh karena itu secara tidak langsung upaya peningkatan cakupan kepemilikan KIA juga dapat meningkatkan cakupan kepemilikan Akta Kelahiran bagi anak khususnya di Provinsi Kalimantan Barat. Selain itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat juga menyampaikan akan melaksanakan kegiatan yang direncanakan pada awal bulan Agustus ini. Kegiatan dimaksud yaitu pelayanan langsung terkait pencetakan KIA khususnya bagi masyarakat Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah dengan melibatkan Dinas Dukcapil terkait. Kegiatan ini diharapkan dapat berjalan lancar dan mampu meningkatkan cakupan kepemilikan dan pemanfaatan KIA di Provinsi Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah.

Scroll to Up