Apa yang dimaksud dengan Administrasi Kependudukan?

Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil dan pengelolaan informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik, pemerintahan dan pembangunan.

Apa yang dimaksud dengan pendaftaran penduduk?

Pendaftaran penduduk adalah proses pendataan dan pencatatan atas pelaporan peristiwa kependudukan dalam rangka penerbitan dokumen identitas penduduk (KK, KTP) atau surat keterangan kependudukan lainnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah

Apa yang dimaksud dengan peristiwa kependudukan?

Peristiwa kependudukan adalah kejadian yang dialami penduduk yang harus dilaporkan karena implikasi/pengaruhnya terhadap penerbitan atau perubahan KK, KTP dan/atau Surat Keterangan Kependudukan lainnya meliputi pindah datang, perubahan alamat, tinggal sementara serta perubahan status orang asing dari status kunjungan menjadi tinggal terbatas atau dari status tinggal terbatas menjadi tinggal tetap.

Apa yang dimaksud dengan pencatatan sipil?

Pencatatan sipil adalah proses pembuatan catatan peristiwa penting dalam kehidupan seseorang, pada register akta yang disediakan oleh Pemerintah Daerah sebagai dasar pembuatan kutipan atau salinan akta.

Apa yang dimaksud dengan peristiwa penting?

Peristiwa penting adalah kejadian yang dialami oleh seseorang meliputi kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, pengakuan anak, pengesahan anak, pengangkatan anak, perubahan nama, perubahan kewarganegaraan dan perubahan jenis kelamin.

Mengapa penduduk wajib memiliki kartu keluarga (KK)?

  • Kejelasan hubungan dan susunan sekelompok penduduk yang tinggal bersama dan membentuk satu kesatuan keluarga
  • Menjadi dasar dalam penerbitan KTP dan pelayanan masyarakat lainnya

Kapan penduduk wajib memiliki KK?

  • Apabila seseorang telah berkeluarga atau memisahkan diri dari keluarga dan membentuk rumah tangga sendiri.
  • Apabila sekelompok orang karena hubungan darah atau hubungan kekerabatan atau kepentingan lain tinggal dalam satu htap dan makan dari satu dapur.

Apa itu Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan mengapa penduduk wajib memilikinya?

"Keterangan jati diri penduduk yang menjelaskan tentang nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, status perkawinan, pekerjaan, alamat, golongan darah dan agama. "
KTP merupakan alat bukti sah dan menjadi dasar dalam proses pelayanan masyarakat.

Kapan penduduk diwajibkan memiliki KTP ?

  • Telah berusia 17 tahun
  • Belum berusia 17 tahun tetapi Sudah / Pernah menikah