Pontianak, Pada Tanggal 12 Mei 2017, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat melalui Bidang Kelembagaan telah menyelenggarakan Kegiatan “Sosialisasi Pemanfaatan data Kependudukan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat“, bertempat di Hotel Gajahmada Pontianak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat, perwakilan dari OPD Provinsi Kalimantan Barat dan Pejabat serta Fungsional Umum Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat Y. Anthonius R, SE, M.Si dengan menghadirkan Narasumber dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri).

Kegiatan ini diperlukan dalam mendukung terlaksananya system pemanfaatan data kependudukan yang terintegrasi melalui system data warehouse bagi pengguna data sesuai kebutuhannya dalam membangun Kalimantan Barat. Hal ini sesuai amanat Pasal 58 ayat (4) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, bahwa data kependudukan digunakan untuk semua keperluan.

Maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi para pengambil keputusan tingkat provinsi (Kepala Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Barat) dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat, tentang penggunaan data kependudukan untuk semua keperluan serta Meningkatkan koordinasi pemanfaatan data kependudukan tingkat provinsi dalam hal ini antara OPD Provinsi Kalimantan Barat selaku pengguna data kependudukan dan Disdukcapil Provinsi Kalimantan Barat selaku penyedia data kependudukan.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mencari OPD potensial yang akan memanfaatan  data kependudukan tingkat provinsi untuk selanjutnya diundang dalam kegiatan Bimtek Kerjasama Pemanfaatan data dan Dokumen Kependudukan yang akan segera dilaksanakan.