Pontianak, Pada Tanggal 21-23 Mei 2017, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat melalui Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan telah menyelenggarakan Kegiatan “Temu Teknis Aparatur Pengelola Database SIAK Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat“, bertempat di Hotel Gajahmada Pontianak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi yang menangani Pengelolaan Data Kependudukan dan Administrator Database Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat Y. Anthonius R, SE, M.Si dengan menghadirkan Narasumber dari Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Eko Sutrisna, ST (Kasi Pengelolaan Disaster Recovery Center).

Kegiatan Temu Teknis ini penting dilaksanakan mengingat pada bulan Juni 2017 Direktorat PIAK akan melakukan konsolidasi database SIAK dan melakukan pembersihan dan sinkronisasi data secara nasional untuk penerbitan data konsolidasi bersih (DKB) semester I tahun 2017. Pertemuan kali ini juga penting karena pada tahun 2018, Provinsi Kalimantan Barat akan menyelenggarakan Pilkada serentak untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota maka dari itu perlu adanya sumber data yang valid, akurat dan terkini untuk meminimalisir permasalahan yang mungkin timbul pada saat pelaksanaan Pilkada serentak.